Popular Post

Trafic

Facebook

Blog Archive

Facebook Follow

Bissmillahirrahmanirrahim...
Assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuh sahabat Nhae semuanya.... Gimana kabarnya hari ini...?? Saya akan mencoba menulis lagi malam ini...!!! Biasanya kalo udah nulis pasti gak pake tidur-tidur ge... Ujung-ujungnya begadang taruih mah.... (wkwkwk)

Baiklah, kali ini saya akan membuat sebuah postingan mengenai para "Plagiator" alias orang-orang yang suka atau hoby melakukan plagiat..... Upzz, Tunggu dulu,,, sebelumnya saya akan menjelaskan sedikit mengenai arti sesungguhnya dari plagiat itu sendiri. Sobat Nhae semuanya pasti ada yang belum tahu tentang arti dari plagiat itu kan...???! Daripada bingung sendiri, disini saya akan menjelaskan sedikit saja apa itu plagiat.

Plagiat adalah melakukan kecurangan atau penyelewengan/pencontekan dari hasil karya orang lain yang diubah seolah-olah menjadi hak miliknya sendiri, mereka yang melakukan plagiat itu menyatakan bahwa hasil yang didapatnya adalah hasil dari kerja  keras mereka sendiri dan bukan hasil penjiplakan karya orang lain, baik itu dalam bentuk tulisan atau karya lainnya dengan mengatasnamakan dirinya sendiri. So, segitu jeleknya para plagiator di mata semua orang kan...??? Lebih baik kita memilih berusaha dengan karya sendiri daripada menjadi plagiat kan...??? Tidak ada gunanya kita menjiplak hasil karya orang, kalau begitu kapan kita akan percaya dan yakin dengan kemampuan yang ada di dalam diri kita jika kita hanya tahu dan hanya bisa mengambil alih hasil karya orang lain...??? Itu bisa dikenakan sanksi lhooo.... juga bisa mendapat dosa, karena orang yang hasil karya nya di ambil secara sembunyi-sembunyi pasti tidak akan rela dan ikhlas jika hasilnya di jiplak, itu sama saja dengan mencuri, jangan di anggap remeh lhooo...!!!

Mungkin awalnya kita memang tanpa sengaja mengcopy-paste hasil karya orang lain lalu dimasukkan ke dalam arsip kita, lama-kelamaan jika dilakukan secara terus menerus itu akan menjadi kesenangan, kebiasaan dan kita pun akan menjadi malas untuk berfikir, kerjaan kita hanya mengcopy-paste lalu menjadikannya sebagai hasil kerjaan kita tanpa mencantumkan sumbernya...!!!

Boleh CoPas, asal cantumkan sumbernya. Hal ini dilakukan agar Anda tidak dituduh sebagai plagiat/plagiator dan merusak image Anda yang lagi bergengsi...(he he he). Yakin dan percayalah bahwa tidak ada kerugian sama sekali jika Anda mencantumkan sumber yang didapat dari hasil CoPas Anda, malahan Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya ketika orang-orang mendoakan akan kebaikan Anda karena telah mau membantunya menyebarluaskan hasil-hasil karyanya... Begitu indahnya kan menjadi orang yang disenangi...??!

So, Ingat pesan saya yea.... BOLEH COPAS ASAL CANTUMKAN SUMBERNYA SEKALIAN. Jadikanlah diri Anda sebagai orang yang disenangi semua orang, jangan suka mencari permusuhan karena hanya akan merusak hati Anda saja...!!!

Okkey, terus semangat yea.... saran saya lebih baik menggunakan hasil karya sendiri daripada menjadi seorang plagiat/plagiator.

Lanjuuuudkan....!!! Tetap Semangaaaadh....!!!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Puisi Nhae™ - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -