Popular Post

Trafic

Facebook

Facebook Follow

Mudik adalah salah satu ’ritual’ yang sangat ditunggu-tunggu bagi warga pendatang dari luar daerah ketika liburan panjang atau menjelang hari raya. Namun, dibalik kegembiraan  akan bertemunya sanak saudara di kampung, kekuatiran  akan rumah yang ditinggal beberapa hari juga menjadi persoalan tersendiri bagi pemudik. Tidak sedikit rumah warga yang ditinggal mudik dimasuki oleh maling. Untuk mencegah hal tersebut, simak tips berikut ini:
  1. Hindari hal-hal yang dapat menunjukan bahwa rumah Anda kosong agar tidak menarik perhatian si pencuri. Tindakan tersebut misalnya dengan meminta kepada agen koran untuk tidak mengirimkan koran selama Anda pergi, menggunakan lampu otomatis yang dapat mati dan menyala sendiri dengan di setting terlebih dahulu waktu yang diinginkan. Selain itu cara lainnya adalah dengan meletakkan sandal/sepatu  didepan pintu rumah.
  2. Jangan biarkan barang-barang berharga seperti uang cash dan perhiasan diletakkan  di  lemari rumah. Sebaiknya uang dan perhiasan ditaruh di bank agar lebih aman.
  3. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci sebelum meninggalkan rumah.
  4. Matikan semua listrik yang tidak digunakan, PAM, dan cabut selang gas serta kompor  untuk menghindari arus pendek yang dapat mengakibatkan kebakaran.
  5. Titipkan rumah kita ke tetangga yang tidak mudik atau informasikan kepada petugas keamanan dilingkungan rumah.
  6. Pasang alarm untuk mencegah masuknya pencuri ke rumah kita.
  7. Jika perlu, pasang camera tersembunyi di titik tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga selama Anda bepergian.Selamat bermudik ria!
(Okliviana/berbagai sumber)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Puisi Nhae™ - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -