Popular Post

Trafic

Facebook

Facebook Follow

Waktu tidur yang dianggap baik adalah selama 7-8 jam. Tetapi selama kualitas tidur itu baik, tak peduli lama atau sebentar, yang terpenting keesokan harinya bisa kembali fresh. Kualitas tidur merupakan sumber kesegaran, tenaga, dan vitalitas yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan produktivitas keesokan harinya. Kualitas tidur adalah kebutuhan mutlak yang sama pentingnya dengan makanan bergizi dan olahraga. Jika setiap hari anda mengalami insomnia, apa anda yakin keesokan harinya anda bisa lebih fresh. Mulai sekarang mulailah pola tidur sehat. 

Disiplin
Selalu tidur pada waktunya. Agar jam biologis tubuh anda tetap, bangunlah pada waktu yang sama. Tidak peduli apakah anda merasa cukup tidur atau tidak. Usahakan untuk menjaga keteraturan tidur dan bangun pagi baik hari kerja maupun hari libur.

Olah Raga Teratur
Olah raga teratur adalah obat mujarab untuk menetralisir ketegangan fisik dan fikiran anda. Hal ini sedikit banyak membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Jangan terlambat olah raga. Cukup lakukan sedikit olahraga ringan. Waktu paling ideal untuk berolahraga adalah pagi atau sore hari atau maksimum menjelang petang.

Suasana dan Ritual
Ciptakan suasana yang nyaman. Jaga kelembaban dan suhu udara kamar tidur Anda. Usahakan sedemikian rupa begitu pagi datang, matahari akan masuk ke kamar anda. Sebelum tidur, usahakan relaks. Tidak perlu terlalu banyak berfikir. Lakukan ritual tidur yang menyenangkan seperti mendengarkan musik lembut sambil membaca bacaan ringan. Sesuaikan juga penerangan ruang tidur Anda.

Kualitas, Bukan Kuantitas
Yang penting kualitas bukan kuantitas.
Tak masalah jika anda hanya bisa tidur selama 5 jam saja tapi anda merasa segar. Jika merasa sudah cukup tidur, lebih baik gunakan waktu anda untuk melaksanakan kegiatan lain.

Jangan Tidur dalam Keadaan Lapar atau Kekenyangan
Semaksimal mungkin anda harus bisa menghindari tidur karena kelelahan dan bukan pada jam tidur anda. Jangan tidur dalam keadaan lapar atau malah kekenyangan. Hindari kacang-kacangan atau buah-buahan yang mengandung gas seperti durian. Hindari juga ngemil dengan kandungan lemak tinggi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Kalau lagi diet, jangan pernah tidur dalam keadaan lapar. Lebih baik makanlah buah-buahan rendah kalori seperti pisang atau apel.

Tidur Siang
Tak usah memaksakan diri jika tak bisa tidur siang. Tidur siang hanyak akan memulihkan keletihan sesaat saja namun akibatnya Anda jadi susah tidur di malam hari. Pola Anda akan berubah jika hal ini terjadi.

Rokok dan Minuman beralkohol
Dua jam sebelum tidur hindari rokok dan minuman beralkohol. Rokok merupakan stimulan bagi pusat syaraf manusia yang membuat susah tidur.

Tenangkan pikiran
Tenangkan pikiran dan mental Anda. Jangan terlalu banyak memikirkan masalah ketika menjelang tidur malam. Siapkan diri untuk tidur dan mimpi.
Jangan tidur mengenakan jam tangan
Jam bisa menimbulkan radioaktif, walaupun hanya sedikit, tapi kalau terlalu lama memakainya bisa berbahaya.

Jangan tidur memakai BH (buat yg wanita)
Para ilmuwan di Amerika mensinyalir bahwa pemakaian BH diatas 12 jam, dapat mengakibatkan kanker payudara.

Jangan tidur membawa telp anda ke ranjang
Gelombang medan magnet yang ditimbulkan oleh alat elektronik ini, dapat merusak sistem syaraf kita.

Jangan tidur masih mengenakan make-up
Hal ini dapat menimbulkan masalah pada kulit anda, karena kulit tidak dapat bernafas. Selain itu bisa bikin jerawatan.

Kurang tidur
Jika kurang tidur, bayarnya dengan tidur, bukan dengan suplemen.
Keyy, selamat berjuang tuk mendapatkan pola tidur yang sehat
^_^ 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Puisi Nhae™ - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -