Popular Post

Trafic

Facebook

Facebook Follow

Mendengar pertanyaan seperti ini pasti kalian sudah mendengar berbagai jawaban dari berbagai macam sumber baik itu dari bapak atau ibu kita atau juga bisa dari orang lain. Ada yang bilang bayi menangis saat dilahirkan karena melihat terlalu banyak kemaksiatan di muka bumi, ada juga menjawab dengan jawaban yang konyol yaitu bayi menangis ketika lahir karena melihat bidannya serem banget, ada juga yang bilang bayi menangis karena pengen dekat dengan ibunya. Selain jawaban di atas ada juga filosofi bahwa bayi menangis itu ada tanda akan perjuangan hidup di dunia ini.  Untuk menjawab pertanyaan Kenapa Bayi Menangis Ketika Baru Lahir, kita bisa baca Hadits Nabi Muhammad SAW berikut:
Diriwayatkan dari Abdurrazaq bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tiada seorang anak dilahirkan melainkan disentuhlah ia oleh syaitan tatkala lahirnya sehingga menjadikan ia berteriak karena sentuhannya kecuali Maryam dan Isa putranya.”

Dalam sebuah hadits lain berkatalah Abu Hurairah menurut riwayat Gais bahwa Rasulullah saw bersabda: “Tiada seorang dilahirkan, selain Maryam dan Isa putranya, melainkan ditekan oleh syaitan sekali atau dua kali.”
Semua ibu melahirkan pasti bahagia dan merasa hilang sakitnya saat mendengar bayi yang dilahirkan menangis. Ini juga bisa menjadi salah satu indikator bahwa bayinya telah lahir ke dunia dalam keadaan selamat.
Seperti diketahui oleh semua orang bahwa bayi hanya bisa berkomunikasi dengan orangtuanya hanya melalui tangisan saja, karena itu tangisan bayi yang terdengar saat dilahirkan adalah salah satu bentuk komunikasi dari si bayi.
Selama di dalam kandungan bayi hidup dalam lingkungan yang berair dan terdapat jalan yang menghubungkan antara jantung dan paru-paru untuk membantu bayi mendapatkan nutrisi dari darah ibu. Ketika bayi baru dilahirkan, bayi mengambil napas untuk pertama kalinya melalui perubahan peredaran darah dan dengan menangis membantu membuka sirkulasi untuk mengirim oksigen melalui paru-paru.

Tangisan pada bayi tersebut membantu membuka paru-parunya agar bisa menghirup oksigen, dan tepukan pelan di bagian belakang tubuh bayi berguna untuk mendorong bayi agar melakukan pernafasan udara. Selain itu, menangis juga merupakan salah satu cara bayi berkomunikasi.

Seperti dikutip dari Telegraph, ibu yang melahirkan anaknya secara alami atau normal akan menunjukkan lonjakan yang lebih besar dalam aktivitas otaknya ketika mendengar sang bayi menangis dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara caesar.

Dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry, para peneliti menggunakan scan MRI fungsional untuk melihat reaksi dari 12 perempuan setelah mendengar bayinya pertama kali menangis selama 30 ******* Hasil scan menunjukkan bahwa tangisan bayi tersebut mampu mengatur aktivitas di berbagai daerah otak ibu yang salah satunya adalah amigdala, yaitu bagian yang berperan dalam mengatur emosi ibu.

Selain membantu bayi dalam pernapasan dengan menggunakan paru-parunya, menangis saat dilahirkan juga membantu aktivitas dari anggota tubuh bayi itu sendiri. Karena saat menangis secara otomatis bayi tersebut akan bergerak.

Jadi sudah sewajarnya jika bayi yang baru dilahirkan tersebut menangis, karena itu merupakan pertama kalinya si bayi bisa melihat dunia. Justru jika bayi tidak menangis, berarti ada yang tidak beres dengan kondisi bayi tersebut dan dokter harus segera mencari tahu.

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Puisi Nhae™ - Kurumi Tokisaki - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -